Senin, 04 September 2017

teks LHO


Perpustakaan



                Perpustakaan adalah tempat, gedung, atau ruang yang disediakan untuk pemeliharaan dan penggunaan koleksi buku. Berdasarkan jangkauan wilayahnya, perpustakaan dikasifikasikan menjadi tiga, yaitu perpustakaan online, perpustakaan berjalan dan perpustakaan dalam ruangan.      


Perpustakaan online adalah perpustakaan yang tidak nyata dan hanya dapat diakses dengan jaringan internet. Perpustakaan ini jangkauannya paling luas dari perpustakan yang lainnya. Selanjutnya perpustakaan berjalan adalah perpustakaan yang tidak tentu tempatnya atau tidak menetap. Perpustakaan ini jangkauannya cukup luas, karena dapat mengelilingi suatu daerah. Sedangkan perpustakaan dalam ruangan adalah perpustakan yang terdapat di dalam ruangan. Perpustakaan dalam ruangan dibagi menjadi tiga, yaitu perpustakaan umum, perpustakaan sekolah dan perpustakaan pribadi.

            Perpustakaan umum adalah perpustakaan yang dapat dikunjungi atau diakses oleh masyarakat umum. Biasanya disetiap kota atau kabupaten memiliki minimal satu perpustakaan umum atau perpustakaan daerah. Perpustakaan umum memiliki koleksi buku yang lebih lengkap daripada perpustakaan sekolah dan pribadi. Perpustakaan sekolah adalah perpustakaan yang terdapat pada suatu lingkup sekolah dan hanya dapat diakses oleh warga sekolah. Sedangkan perpustakaan pribadi ialah perpustakaan yang dimiliki oleh perseorangan dan lingkup aksesnya terbatas hanya pada pemilik perpustakaan tersebut. Perpustakaan pribadi biasanya dibiayai dan dikelola oleh perseorangan. Tetapi perpustakaan pibadi juga bisa diakses oleh umum bila sang pemilik menghendakinya. Misalnya dijadikan persewaan buku.


Perpustakaan dapat menambah ilmu pengetahuan bagi orang yang sering mengunjunginya. Selain itu, perpustakaan juga dapat dijadikan tempat sumber berbagai referensi. Dengan adanya perpustakaan, seseorang akan terdorong untuk belajar secara mandiri. Itulah manfaat dari adanya perpustakaan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar